Facebook Buatan Indonesia Lebih Keren!

Alhamdulillah.. ternyata Orang indonesia pun bisa bikin facebook sendiri. Hal ini terbukti dengan diluncurkannya facebook Indonesia yang bernama cybermoslem.net .
Mengamati jumlah dan motivasi facebooker dari Indonesia, agaknya tidak ada sebuah gerakan dan syarat-syarat yang aneh-aneh, agar sebuah jejaring sosial menjadi hebat dan diminati penduduk Indonesia terutama kalangan usia remaja. Masyarakat facebooker Indonesia ternyata tidak menggunakan facebook sebagai media yang luar biasa bagi mereka. Mereka hanya menginginkan adanya media untuk menghubungkan teman-teman yang sudah jauh, terpisah mungkin sejak dari sekolah SD, dan sebagainya. Sebagian besar, bahkan link-link friendship (pertemanan) yang ada dalam mayoritas facebooker yang menjadi teman di akun penulis di Facebook, tidak ada yang aneh-aneh, misalnya berteman dengan orang yang berasal dari luar negeri yang jauh di sana, berteman untuk sebuah keperluan antar negara. Kebanyakan menggunakan facebook hanya sebagai media domestik dan cukup sederhana. Sedikit yang menggunakannya untuk berhubungan dengan teman dari luar negeri di mana yang terakhir ini tentu membutuhkan facebook secara hampir mutlak, sebab di negara asalnya mungkin belum ada jejaring sosio-internasional yang sehandal facebook.
Kemudian, untuk para penggemar di facebook yang menjadi teman di akun saya, setelah saya cross-check ternyata banyak facebooker Indonesia yang hanya berteman dan aktif berkomunikasi dengan sesama warga Indonesia. Sedikit sekali yang menggunakan Facebook untuk kebutuhan yang sifatnya lintas negara. Atau mungkin ada yang berguna untuk berhubungan dengan teman-teman TKI tau TKW di luar negeri, tetapi ini masih sedikit.
Begitu sederhananya pengguna facebook di Indonesia, terlihat dari respon pada saat adanya peristiwa Everybody Draw Mohammed, yang mengguncang umat Islam se-dunia. Di Indonesia, tidak ada gerakan revolusioner yang mengguncang jumlah akun di Facebook. Bahkan ada kemungkinan, jumlah Facebooker bertambah (?)
Melihat kondisi dan karakter facebooker Indonesia tersebut di atas, maka ada kemungkinan kehadiran Fesbuk buatan asli orang Indonesia, www.cybermoslem.net yang berada di bawah bendera Cyber Moslem Group akan menggeser dominasi www.facebook.com, dalam beberapa tahun mendatang. Di bawah ini beberapa usulan yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk dilaksanakan oleh pihak admin cybermoslim.net dalam rangka menarik mayoritas pengguna Facebook atau jejaring sosial lain di Indonesia :
  1. Menambah aplikasi di cybermoslem.net yang hampir setara atau bahkan lebih dari facebook.com
  2. Menyematkan cybermoslem.net yang terbundle di handphone
  3. Mengadakan offline show ke beberapa daerah, di seluruh Indonesia
  4. Pengelola sebaiknya aktif dalam kegiatan pelayanan sosial seperti memberikan beasiswa,  santunan sosial, melayani budaya mudik dengan mendirikan posko mudik, dan lain-lain.
  5. Mengadakan berbagai event yang sifatnya sosial di berbagai daerah di Indonesia
  6. Promosikan di media televisi informasi tentang cybermoslem sebagai media harian yang stabil, fleksibel dan humanis
  7. Jadikan cybermoslem.net sebagai media jajanan anak-anak usia SMP dan SMA yang notabene juga memiliki handphone
  8. Untuk Fiture penyimpanan foto, buatlah sehebat mungkin, sebab sebagian besar facebooker tertarik tampil dan aktif di facebook agar namanya atau gambarnya terpampang di internet dan diketahui teman-temannya di tempat yang jauh dan jarang bertemu
  9. Lebih bagus ada pelayanan browsing cybermoslem gratis untuk komsumen handphone, yang mana ini membutuhkan dana besar dan kerjasama dengan penyedia telekomunikasi, seperti Telkomsel, Indosat, Axis, XL, dan lain-lain.
  10. Mengintegrasikan cybermoslem.net dengan media sosial dan media blog yang ada seperti kompasiana, tweeter, wordpress.com, dan sebagainya.
  11. Cybermoslem.net wajib melarang segala bentuk ide dan agitasi yang merusak keharmonisan antar sesama umat beragama di Indonesia, menghargai kemajemukan dalam bingkai ke-Indonesia-an yang plural.
Di bawah ini beberapa keuntungan bagi pengguna yang memiliki akun di media sosial yang pengelolanya (Cyber Moslem Group) berada di Indonesia :
  1. Mudah melakukan konfirmasi dan re-check jika ada pihak pengguna yang dirugikan
  2. Data-data di dalamnya dijamin aman dan tidak terekam ke pihak tidak bertanggungjawab di luar negeri
  3. Bisa mengadakan show offline antara pengguna dengan pihak pengelola Cyber Moslem Group
  4. Pengguna bisa mengetahui dan bertemu langsung dengan pihak pengelola dan kreator Cyber Moslem Group tanpa perlu biaya besar dan pergi ke luar negeri
  5. Data merupakan privasi pribadi, kecil ada jaminan data-data kita aman berada di pihak pengelola di luar negeri seperti Facebook.com.
  6. Memiliki akun di pihak pengelola dengan visi dan misi yang jelas (Cyber Moslem Group) yang tidak ada agenda atau kepentingan asing yang keras, yang akan merugikan penggunanya
  7. Bisa mudah mengadakan konfirmasi dengan pihak pengelola secara langsung
Demikian beberapa usulan dan sedikit gambaran manfaat dalam rangka menjadikan cybermoslem.net sebagai produk unggulan di negeri sendiri. Yang perlu diperhatikan jangan sekali-kali menjelek-jelekkan media facebook.com, atau media sosial lainnya, sebab selain melanggar kode etik islam, juga tidak akan menambah jumlah pengunjung di cybermoslim.net. Kecuali itu, agenda agitasi dan permusuhan antar sesama media sosial, justru merusak visi dan misi media sosial itu sendiri, di mana media sosial seharusnya bersifat terbuka dan humanis untuk semua manusia dan warga negara dari berbagai agama, suku dan bangsa.
Dan dalam analisa penulis sendiri, berdasarkan model para pengguna facebook di Indonesia, Cybermoslem.net akan mampu menjadi pesaing hebat dan bahkan bisa menandingi jumlah akun di facebook Indonesia.
Selamat kepada admin dan teman-teman yang sudah bekerja di Fesbok buatan Indonesia ini, selamat bekerja dan kami dukung terus 100%. Penulis selalu mempromosikan dan menyatukan info di facebook.com dengan cybermoslem.net agar bisa menarik facebooker memiliki akun di cybermoslem.net ini dan meninggalkan facebook.com di saat masanya tiba.
Yang jelas, ini fesbuk-nya orang Indonesia, bukan hanya umat Islam.

Sudah Baca Artikel Dibawah ini?

--------------------------------------------------------------------------------

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Powered by Blogger